Kamis, 04 Desember 2008

Bahagia Itu Sederhana

X : Kenapa aku merasa dia sangat membenciku?
Y : Kok sampeyan nyimpulin gitu?
X : Ya, setiap kali aku ketemu dia, nggak ada lagi yang dilakukan kecuali marah, kalau gak marah dia ndiemin aku, sampek-sampek aku ngerasa serba salah. Dia begitu keras sama aku.
Y : Itu cuman sebagian kecil aja yang Alloh berikan sama sampeyan.
X : Maksudnya...???
Y : Ya...itu hanya sebagian kecil aja dari rejeki yang Alloh berikan sama sampeyan.
X : Kok rejeki, orang dimarahin terus kok rejeki...
Y : Ya itu artinya sampeyan dikasih Alloh kesempatan buat banyak belajar. Coba kalo nggak dimarahin, kan sampeyan nggak belajar...
X : Iya sih...tapi emangnya nggak ada cara laen apa, yang nggak nyakitin gitu...?
Y : Ndri...kadang hal yang nggak kita senengin itu malah jadi hal yang akan membuat kita lebih___ dari sebelumnya. Alloh sudah ngirim orang buat sampeyan...ngasih pelajaran, ya logikanya kan mesti disyukurin, bukan malah maki-maki gitu...
X : Tapi caranya itu lo wong...nyakitiiiiinnnn banget....
Y : Ya...itu kan prasaan sampeyan aja. Coba lihat sisi baiknya aja. Coba kalo nggak ada dia...pelajaran apa yang bisa sampeyan ambil...??? Nggak ada kan...!!! Coba kalo dia nggak cerewet...nggak ada perbaikan yang bisa sampeyan lakukan kan...
X : (nggondok)
Y : Berbahagialah sampeyan dikasih beban berat karena beban berat itu nggak akan dikasihkan sama orang sembarangan. Artinya sampeyan bisa maju satu step lagi. Alloh aja memuliakan sampeyan dengan beban berat, sampeyan kesannya kok nggak ngregani rejeki sampeyan sendiri.
X : Tapi aku nggak seneng dengan perlakuan yang kayak gitu...!!!
Y : Seneng itu sederhana aja kok Ndri...kalo sampeyan ambil keputusan untuk selalu seneng...dalam keadaan tertekan, target nggak tercapai, diomeli boss, Insya Alloh sampeyan bakalan tetep seneng meski sedang kepepet. Jangan lupa selalu syukur atas apapun yang datang. Lega dan sempit itu cuman kondisi. Kondisi itu nggak dibawa sampek mati kok...tenang aja, hidup manusia itu sudah dijamin sama yang mbaureksani urip.
X : Tapi marahnya itu lo yang nggak nguwati...
Y : Ya itu cara dia menyayangi sampeyan. Ingetin aja, satu saat nanti...kecerewetannya, kekerasannya sama sampeyan akan sampeyan rasakan manfaatnya.

1 komentar:

  1. wah setuju ma Y mas....
    waktu itu aku juga belum bisa membaca makna dibalik kemarahan alm ayahku.
    namun dari sana aku belajar banyak hal, terutama tentang sebuah kerja keras. (ini aku posting di artikelku awal-awal dulu).
    dan aku sekarang bersyukur bahwa aku menjadi lebih dari teman-2ku pada umumnya.hehehe. sombong....

    BalasHapus

Nek ngomong sing gena lo yo...