Senin, 15 Juni 2009

Pertemuanku dengan...






Terkadang kita bertemu dengan orang-orang yang berkualitas tinggi
Kadang pula berinteraksi dengan orang yang cukup berkualitas
Tapi tidak sering atau bahkan tidak jarang kita bertemu dengan orang yang memang tidak berkualitas

Sepengalaman saya, paling menyenangkan bertemu dengan orang-orang yang interest terhadap improvement, baik pada dirinya sendiri mupun pada lawan bicaranya.

Orang berkualitas tinggi, belum tentu mau melayani saya bila dia tidak interest dengan improvement yang ingin saya buat untuk diri saya (tapi itu tidak semua). Bila orang berkualitas tinggi ini dibarengi dengan tingginya kualitas kepribadiannya, dia adalah orang yang paling menyenangkan. Bila orang semacam ini interest terhadap saya, betapa bahagianya saya. Saya akan bisa belajar banyak darinya. Tanpa ada kesombongan, tanpa ada waktu yang terbuang percuma, tanpa ada kata-kata menyakitkan, dia merendahkan hatinya di hadapan saya padahal aktualnya dia memberikan hal berharga pada saya, bagi saya ini adalah pribadi yang mahal. Pribadi bisa mem-positioning-kan dirinya dengan tepat dengan lawan bicaranya, posisi yang dirasa sejajar oleh lawan bicaranya meski aktualnya dia jauh lebih tinggi nilainya.
Mudah-mudahan kita bisa bertemu dengan orang seperti ini, agar kualitas hidup kita semakin baik.

===

Orang yang berkualitas sedang biasanya suka membelot. Artinya dia melihat kondisi yang menguntungkan bagi dia. Kadang berkualitas, kadang nggak sama sekali, tergantung situasi & kondisi (sikon). Terkadang tega untuk berkhianat pada orang terdekat hanya untuk membela keinginannya. Tapi dia berkualitas. Ilmu terapannya banyak, dia orang yang berpengaruh di tempat kerjanya. Dia decision maker. Tapi tidak dibarengi oleh berkualitasnya kepribadian.
Bertemu orang ini, sekali lagi tergantung sikon. Kadang membawa manfaat, kadang hanya menjengkelkan. Kadang juga hanya membuang waktu, meski tidak 100% percuma. Hanya saja dari 100% porsi pembicaraannya, hanya 30%-40% saja yang bermanfaat. Selebihnya kelakar usang.

===

Orang yang tidak berkualitas, kadang berpenampilan seperti berkualitas. Jumlah orang seperti ini sangat banyak. Apa yang dilakukan hanya menghabiskan waktu saja, waktu saya dan juga waktu dia. Bertemu dengan orang tidak berkualitas, tidak 100% rugi. Keinginan saya terkadang terpenuhi oleh orang-orang semacam ini. Pekerjaan saya mewajibakan saya untuk bertemu dengan banyak orang, termasuk orang yang tidak berkualitas ini. Menjengkelkan...hampir terjadi disetiap pertemuan saya dengan orang semacam ini. Tapi memang terbantu juga sih...kadang. Meski bagaimanapun tidak bisa juga menafikan mereka. Malangnya lagi adalah ketika mereka tidak merasa bahwa mereka tidak berkualitas, merasa berkualitas, dan apa yang dilakukan...meski hanya menghambur-hamburkan waktu, ngobrol kesana-kesini, tertawa yang dilebar-lebarkan agar perhatian tertuju. Ini adalah kualitas mereka. Dan hari ini saya bertemu dengan orang-orang seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nek ngomong sing gena lo yo...